Formasi CPNS PPPK Kementerian Kesehatan Tahun 2024

Rician Formasi Kebutuhan ASN CPNS dan PPPK Kementerian Kesehatan Kemenkes Tahun 2024


Rincian Formasi Kebutuhan ASN CPNS dan PPPK Kementerian Kesehatan Tahun 2024. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (disingkat Kemenkes RI) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan kesehatan. Kementerian Kesehatan berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden. Kementerian Kesehatan dipimpin oleh seorang Menteri Kesehatan (Menkes) yang sejak 23 Desember 2020 dijabat oleh Budi Gunadi Sadikin.

 

Kementerian Kesehatan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang kesehatan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Dalam melaksanakan tugas, Kementerian Kesehatan menyelenggarakan fungsi:

 

Pertama melakukan perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, dan kefarmasian, alat kesehatan, dan tenaga kesehatan.

 

Kedua, melakukan koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Kesehatan. Keempat, melakukan pengelolaan barang milik negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehata. Kelima melakukan pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Kesehatan.

 

Selanjutanya Keenam, melaksanaan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan urusan Kementerian Kesehatan di daerah. Ketujuh, pelaksanaan perumusan dan pemberian rekomendasi kebijakan pembangunan kesehatan. Kedelapan, pelaksanaan dukungan yang bersifat substantif kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Kesehatan.

 

Rician Formasi Kebutuhan ASN CPNS dan PPPK Kementerian Kesehatan Kemenkes Tahun 2024 adalah sebanyak 8.607 CPNS dan Sebanyak 14.593 untuuk PPPK dengan rincian jabatan, kualifikasi pendidikan yang dapat dilihat melalui laman https://sscasn.bkn.go.id serta melalui Simulasi Pemilihan kebutuhan (SPF) dan rincian alokasi kebutuhan pada laman tersebut.

 

Apa saja tahapan dalam seleksi CPNS Kementerian Kesehatan? Tahapan seleksi CPNS Kementerian Kesehatan tahun 2024 adalah 1) Seleksi Administrasi; 2) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD); 3) Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang terdiri dari : a. Substansi jabatan dengan CAT; b. SKB Tambahan dengan wawancara dan praktik kerja; c. SKB Tambahan dengan tes kemampuan Bahasa Inggris.

 

Setiap pelamar HANYA dapat mendaftar pada 1 (satu) kebutuhan jabatan di 1 (satu) instansi pemerintah atau hanya dapat memilih 1 (satu) lowongan jabatan pada 1 (satu) jenis jalur kebutuhan (PNS/PPPK).

 

Apa saja materi ujian calon  PPPK ? Berdasarkan Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Permenpan RB Nomor 14 Tahun 2023 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional, materi ujian calon  PPPK adalah: 1. Kompetensi Teknis; 2. Kompetensi Manajerial; 3. Kompetensi Sosial Kultural; dan 4. Wawancara untuk penilaian integritas dan moralitas.

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2023 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional, Kompetensi Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan. Seleksi kompetensi teknis disusun oleh instansi pembina JF selanjutnya diintegrasikan ke dalam bank soal CAT BKN.

 

Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi.

 

Kompetensi Sosial Kultural adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi oleh setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi dan jabatan.

 

Apabila Anda berminat menjadi CPNS dan PPPK bisa melihat Rincian Formasi Kebutuhan ASN CPNS dan PPPK Kementerian Kesehatan Tahun 2024 pada laman sscasn.bkn, apabila belum ada Anda dapat melihat Rekomendasi Formasi Jabatan Fungsional Kesehatan Tahun 2024 yang tentunya tidak akan berbeda jauh.

 



Demikian informasi tentang Rincian Formasi Kebutuhan ASN CPNS dan PPPK Kementerian Kesehatan Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter