Juknis Matsama Tahun Pelajaran 2024/2025

Juknis Matsama Tahun Pelajaran 2024/2025
Juknis Matsama Tahun Pelajaran 2024/2025


Kemenag pada akhir menerbitkan Juknis Matsama Tahun Pelajaran 2024/2025 yang dirilis melalui laman kemenag.go.id. Sebagaimana diketahui Matsama (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah) adalah program pengenalan lingkungan madrasah yang diadakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa baru dengan lingkungan madrasah, budaya, serta nilai-nilai yang dianut di madrasah tersebut. Matsama juga bertujuan untuk membentuk karakter dan kepribadian siswa agar siap mengikuti proses pembelajaran di madrasah.

 

Masa Ta 'aruf Siswa Madrasah (Matsama) adalah masa orientasi atau kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengkondisian agar siswa bam merasa senang, nyaman dan bahagia.

 

Oleh karena itu madra sah harus membuat pengalama pettama yang sangat berkesan secara positif kepada siswa baru. Matsama dilaksanakan mulai dari tingkat Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

 

Matsama termasuk kegiatan transisi agar siswa benar-benar secara mental siap mengikuti proses pembelajaran di lingkungan belajar ya ng baru. Melalui kegiatan Matsama ini, para siswa baru madrasah akan dikenalkan lingkungan madrasah, kebiasaan dan budaya madrasah, tata tertib, sistem pembelajaran termasuk mengenalkan guru dan tenaga kependidikannya, keunikan/kekhasan dan keunggu lan madrasah.


Selain itu, kegiatan Matsama ini juga digunakan untuk mengenalkan sejak dini beberapa prinsip yang menjadi pegangan tata kehidupan warga madrasah agar tercipta iklim akademik yang kondusif sarat dengan nilai akhlakul karimah.

 

Seluruh rangkaian kegiatan Matsama harus didesain sedemik:ian rupa sehingga memberi pengalaman pertama di madrasah yang menyenangkan, membahagiakan, dan tidak menegangkan. Karena inti kegiatan Matasama harus bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan bagi semua siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus.

 

Untuk itu penyelenggaraan Matsama perlu merujuk dalam Peraturan Menteri Pendidik:an dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan sekolah Bagi Siswa Baru dan petunjuk teknisnya yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI melalui Direktor Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan ini.

 

Menurut Petunjuk Teknis atau Juknis Matsama Tahun Pelajaran 2024/2025, tujuan dari pelaksanaan dari kegiatan Matsama ini adalah sebagai berikut:

1.  Menenalkan kepada pesetta didik baru terkait lingkungan belajar yang baru, mengenali keadaan diri dan sosialnya agar memiliki kesiapan mental, megurangi rasa cemas dan agar dapat mudah menyesuaikan diri dalam mengikuti proses pembelajaran selanjutnya.

2.  Menumbuhkan kebanggaan kepada para siswa-siswi baru terhadap madra sah, memahami nilai-nilai madrasah, mencintai dan menjaga nama baik almaternya.

3.  Mengenalkan nilai-nilai moderasi beragama , menumbuhkan budaya dan jiwa inklu sif tidak eksklusif, ramah, anti kekerasan dan bullying , anti pelecehan seksual, dan menghargai harkat-martabat kemanusiaan.

4.  Mengenalkan pola kebiasaan hidup bersih, sehat dan balal di lingkungan madrasah, menumbuhkan sikap disiplin dan tanggungjawab, serta mental madiri berprestasi.

 

Kegiatan yang biasanya dilakukan selama Matsama tahun pelajaran 2024/2025 antara lain meliputi:

 

·          Pengenalan Lingkungan Madrasah: Siswa baru diperkenalkan dengan fasilitas dan sarana prasarana yang ada di madrasah, seperti ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, kantin, dan tempat ibadah.

 

·          Pengenalan Guru dan Staf: Siswa dikenalkan dengan para guru, tenaga kependidikan, dan staf administrasi yang akan berinteraksi dengan mereka selama masa studi.

 

·          Sosialisasi Tata Tertib dan Peraturan Madrasah: Siswa diberikan pemahaman mengenai tata tertib, aturan, dan etika yang berlaku di madrasah.

 

·          Kegiatan Ice Breaking dan Outbond: Untuk mempererat hubungan antar siswa baru, biasanya diadakan kegiatan permainan atau outbond yang bersifat edukatif dan menyenangkan.

 

·          Materi Keagamaan: Sebagai lembaga pendidikan agama, madrasah memberikan materi keagamaan untuk memperkuat akhlak dan iman siswa.

 

·          Motivasi Belajar: Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi siswa agar semangat dalam belajar dan berprestasi di madrasah.

 

·          Pengenalan Ekstrakurikuler: Siswa dikenalkan dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang ada di madrasah, seperti pramuka, seni, olahraga, dan lainnya.

 

·          Kegiatan Sosial dan Kebersamaan: Melalui berbagai kegiatan sosial, siswa diajarkan untuk peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar.

 

Matsama biasanya dilaksanakan selama beberapa hari pada awal tahun ajaran baru dan merupakan salah satu bentuk pembinaan awal bagi siswa baru di madrasah.

 

Link download Juknis MatsamaTahun Pelajaran 2024/2025

 

Demikian informasi tentang JuknisMatsama Tahun Pelajaran 2024/2025. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter