Kalender Pendidikan Provinsi Jambi Tahun Ajaran 2024/2025

Kalender Pendidikan Provinsi Jambi Tahun Ajaran 2024/2025
Kalender Pendidikan Provinsi Jambi Tahun Ajaran 2024/2025


Kalender Pendidikan Provinsi Jambi Tahun Ajaran 2024/2025 ditetapkan melalui Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Nomor: KPPD/115 /Disdik-1.1/V/2024 Tentang Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2024/2025 Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

 

Sebagamana diketahui Kalender Pendidikan yang selanjutnya disingkat Kaldik adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

 

Tujuan utama penyusunan kalender pendidikan adalah a) Kalender pendidikan membantu dalam organisasi dan koordinasi kegiatan pendidikan di semua tingkatan, baik itu di tingkat nasional, regional, atau lokal. Dengan memiliki jadwal yang terstruktur, sekolah, guru, siswa, dan orang tua dapat lebih mudah merencanakan kegiatan akademis dan ekstrakurikuler; b) kalender pendidikan dipergunakan untuk memaksimalkan penggunaan waktu belajar dan mengajar. Ini termasuk menentukan waktu untuk semester atau tahun ajaran, jeda antara semester, serta libur akademis seperti hari libur nasional dan hari raya agama; c) Kalender pendidikan juga memastikan bahwa semua kegiatan pendidikan sesuai dengan peraturan hukum dan kebijakan yang berlaku. Misalnya, menentukan jumlah hari sekolah yang harus dipenuhi sesuai dengan ketentuan hukum atau menetapkan jam pelajaran minimum yang diharuska;

 

Selain itu Kalender pendidikan membantu dalam mencapai keseimbangan antara waktu belajar, waktu istirahat, dan waktu libur. Ini penting untuk mendukung kesehatan fisik dan mental siswa serta untuk memastikan konsistensi dalam proses pembelajaran. Kalender pendidikan sebagai alat komunikasi penting antara sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Dengan menetapkan jadwal yang jelas, semua pihak terlibat dapat mengakses informasi tentang kegiatan akademis dan non-akademis yang direncanakan.Serta Kalender pendidikan untuk membantu dalam perencanaan jangka panjang dan evaluasi terhadap keberhasilan program pendidikan. Dengan memiliki jadwal yang telah ditetapkan, lembaga pendidikan dapat lebih mudah menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan.

 

Ini berarti penyusunan kalender pendidikan bukan hanya sekadar merencanakan jadwal waktu belajar, tetapi juga merupakan alat yang penting dalam pengaturan, efisiensi, dan evaluasi keseluruhan sistem pendidikan.

 

Adapun pertimbangan diterbitkannya Kalender Pendidikan Provinsi Jambi Tahun Pelajaran 2024/2025 adalah a) bahwa dalam rangka memberikan pedoman kepada Satuan Pendidikan di Provinsi Jambi dalam mengatur waktu untuk kegiatan pembelaj aran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pem belajaran efektif dan hari libur; b) bahwa pengatur an waktu belajar secara optimal dapat meningkatkan mutu pendidikan; c) bahwa sehubungan dengan huruf a dan b perlu menetapkan kembali Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi tentang Kalender Pendidikan untuk satuan pendidikan dalam lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Tahun Ajaran 2024/2025.

 

Isi Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Nomor: KPPD/115 /Disdik-1.1/V/2024 Tentang Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2024/2025 Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi adalah sebagai berikut

1) Menetapkan Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2024/2025 dan Pedoman umum sebagai dasar dan acuan dalam penyelenggaraan pendidikan pada jenjang pendidikan SD/SDLB/MI/ PAKET A, SMP/SMPLB/MTs/ PAKET B, SMA/SMALB/MA / PAKET C, dan jenjang SMK di Provinsi Jambi.

2) Kalender Pendidikan sebagaimana dimaksud pada diktum KESATU tercantum dalam Lampiran I sampai dengan Lampiran IV yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Kepala Dinas ini.

3) Pedoman Umum Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2024/2025 sebagaimana dimaksud pada diktum KESATU tercantum dalam Lampiran V yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Kepala Dinas ini.

 4) Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan sedangkan pelaksanaannya mulai 1 Juli 2024 s.d 30 Juni 2025 dan apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Salinan dan Lampiran SK tentang Kalender Pendidikan Provinsi Jambi Tahun Ajaran 2024/2025. Link download disini

 

Demikian informasi tentang Kalender Pendidikan Provinsi Jambi Tahun Ajaran 2024/2025 . Semoga ada manfaatnya

 



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter