KMA Nomor 450 tahun 2024 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum

KMA Nomor 450 tahun 2024 pdf
KMA Nomor 450 tahun 2024 pdf


Dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka, Kementerian Agama menerbitkan KMA Nomor 450 tahun 2024 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Dan Madrasah Aliyah Kejuruan diterbitkan.

 

Keputusan Menteri Agama 450 tahun 2024 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka RA MI MTS MA MAK diterbitkan dengan pertimbangan: a) bahwa untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia merdeka yang beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, serta berkarakter Pancasila, pendidikan madrasah diarahkan untuk memberdayakan dan membangun kemandirian peserta didik dengan tetap mengakui hak dan kewenangan guru; b) bahwa untuk mewujudkan pendidikan madrasah sebagaimana dimaksud dalam huruf a, diperlukan kurikulum yang . mampu beradaptasi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan global, serta keragaman sosial dan budaya; c) bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan huruf b, perlu menetapkan Keputusan Menteri Agama tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan;

 

Dasar hukum diterbitkannya Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka RA MI MTS MA MAK edisi 2024 adalah sebagai berikut

1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

2. Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor . 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan

3. Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2023 tentang Kementerian Agama

4. Peraturan Menteri Agama Nomor 72 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama

5. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah

 

Isi Keputusan Menteri AgamaNomor 450 tahun 2024 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka RA MI MTS MA MAK menyatakan:

1. Menetapkan:

a. Pedoman Implementasi Kurikulum pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan sebagaimana tercantum dalam Lampiran I; dan

b. Rincian Mata Pelajaran Penguatan Program pada Madrasah sebagaimana tercantum dalam Lampiran II, yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan ini.

2. Pedoman Implementasi Kurikulum sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU huruf a merupakan panduan bagi madrasah dan pemangku kepen tingan dalam menyelenggarakan pembelajaran di madrasah.

3. Pada saat Keputusan ini mulai berlaku, Keputusan Menteri Agama Nom or 347 Tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

4. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.


Sebagaimana diketahui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Pendidikan diselenggarakan dengan prinsip memberi keteladanan, membangun motivasi, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran.

 

Kementerian Agama memberikan otonomi kepada pengelola madrasah dan segenap pemangku kepentingan untuk mengelola madrasahnya secara mandiri, kreatif, dan inovatif. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan layanan pendidikan dan pembelajaran yang konstruktif, humanis, dan adaptif dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kearifan lokal.

 

Untuk mewujudkan pembelajaran yang• bermakna dan efektif dalam meningkatkan keimanan, ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, Kementerian Agama menerbitkan Pedoman Implementasi Kurikulum pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan untuk memberikan arah bagi madrasah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka.

 

Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka RA MI MTS MA MAK edisi 2024 ini dimaksudkan untuk memberikan panduan kepada pengelola madrasah dan pemangku kepentingan untuk mengelola kurikulum madrasah sesum dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Tujuan Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Kementerian Agama edisi 2024 ini bertujuan untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna dan efektif dalam meningkatkan keimanan, ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, dan akhlak mulia, serta menumbuhkembangkan cipta, rasa, dan karsa peserta didik sebagai pelajar sepanjang hayat yang berkarakter Pancasila.

 

Sasaran Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka RA MI MTS MA MAK edisi 2024 ini meliputi: 1) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam; 2) Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi; 3) Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota; 4) Madrasah; dan 5) Pemangku kepentingan terkait.

 

Ruang lingkup Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka RA MI MTS MA MAK edisi 2024 ini meliputi: 1) struktur kurikulum Merdeka RA MI MTS MA MAK edisi 2024; 2) pembelajaran dan penilaian/asesmen; 3) kokurikuler; 4) pengembangan kegiatan ektrakurikuler; 5) kurikulum madrasah; 6) muatan lokal: 7) ketentuan peralihan; 8) sosialisasi dan pendampingan implementasi kurikulum; dan 9) pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kurikulum.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Keputusan Menteri Agama Nomor 450 tahun 2024 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada RA, MI, MTS, MA, MAK Edisi 2024.


Link download Keputusan Menteri Agama Nomor 450 tahun 2024 pdf

 

Demikian informasi tentang Keputusan Menteri Agama atau KMA Nomor 450 tahun 2024 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Dan Madrasah Aliyah Kejuruan. Semoga ada manfaatnya.

 




= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter